berdampak positif bagi masyarakat setempat untuk membuka peluang usaha

Perlunya Kemitraan dalam Mengelola Potensi Hutan Bakau di Ulu Pulau  Bengkalis

Di Baca : 3041 Kali
Pak Imam (71 tahun), salah seorang Tokoh Masyarakat Desa Ulu Pulau, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Indonesia. (Foto dokumen, TA Devonny/Detak Indonesia.co.id) 

Dikutip dari sumber referensi: wanaswara.com apa itu hutan bakau? Hutan bakau adalah hutan yang tumbuh di air payau pada wilayah pesisir pantai. Atau secara mudah merupakan hutan yang ditanami pohon-pohon bakau. Pertumbuhan dan vegetasi dari kawasan ini sangat dipengaruhi oleh pasang-surut air laut.

Persebaran hutan bakau secara alami terdapat di daerah khatulistiwa dengan iklim tropis dan sebagian subtropis. Luas total kawasan ini di seluruh dunia mencapai kurang lebih 16 juta hektare, sementara sekitar 25 persennya berada di Indonesia (4,5 juta hektare). Negara lain yang juga memiliki hutan bakau terluas adalah Brazil (1,3 juta hektare), Nigeria (1,1 juta hektare), dan Australia (0,97 hektare).

Selain habitat tumbuhnya di pesisir pantai, ada beberapa ciri-ciri umum lainnya dari pohon bakau. Pohon bakau dikenal dengan tumbuhan yang memiliki akar pohon yang tidak beraturan (pneumatofora). Akar-akar pohon bakau akan mencuat ke atas permukaan laut dan mudah terlihat, ini merupakan bentuk adaptasi dari pohon bakau untuk memudahkan mereka dalam bernafas.

Di dalam kawasan hutan pesisir pantai, sangat jarang sekali ditemukan tumbuhan lain yang hidup selain pohon bakau. Biasanya sepanjang pemandangan pada kawasan ini hanya terdapat pohon bakau saja. Jajaran bakau ini, terdapat dari pesisir pantai yang bertemu langsung dengan ombak laut hingga bakau yang terdapat di hilir sungai.

Jenis-jenis Bakau
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, vegetasi pada hutan di pesisir pantai seperti terkotak-kotakan sebagai akibat dari pasang-surut air laut. Keadaan ini membuat pohon bakau memiliki adaptasi yang berbeda-beda. Selain itu, vegetasi bakau juga dipengaruhi oleh ombak dan jenis tanah. Melalui pola adaptasi yang berbeda-beda ini, bakau terbagi ke dalam beberapa jenis antara lain:

1. Rhizophoraceae

Rhizophoraceae merupakan jenis bakau yang tumbuh di daerah pesisir pantai. Jenis pohon bakau yang tumbuh di zona terluar dan berhadapan langsung dengan ombak laut yang keras beradaptasi dengan membentuk akar tunjang (stilt root). Pohon bakau jenis ini memiliki dampak secara langsung dalam menekan angka abrasi pantai.

Wisatawan lokal didampingi masyarakat setempat, sedang menelusuri hutan bakau yang berada di perairan Desa Ulu Pulau, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Indonesia. (Foto dokumen TA Devonny/Detak Indonesia.co.id) 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar